Minggu, 08 Juli 2012

Beberapa orang bisa dengan mudah mendisiplinkan diri untuk selalu bangun pagi, tetapi belum tentu ada niat untuk segera bangkit berolahraga karena bawaannya masih ingin malas-malasan. Ada beberapa cara untuk mengumpulkan niat tersebut.

Beberapa cara mengumpulkan niat untuk berolahraga setelah bangun pagi seperti dikutip dari Carrotsandcake, Senin (9/7/2012) adalah sebagai berikut.

1. Siapkan mental
Sebelum beranjak tidur di malam hari, tanamkan dalam pikiran bahwa hal pertama yang akan dilakukan saat bangun pagi besok adalah olahraga. Memencet tombol snooze (tunda) pada alarm akan membuang-buang waktu latihan yang sangat berharga.

2. Jangan gagal di hari Senin
Setelah puas bermalas-malasan di akhir pekan, usahakan untuk mengawali sepekan berikutnya dengan tidak melakukan kesalahan di hari Senin. Keberhasilan untuk disiplin olahraga tiap Senin pagi bisa memberi momentum positif pada pagi-pagi di hari berikutnya.

3. Beli lampu tidur yang terang
Siklus tidur-bangun manusia sangat dipengaruhi oleh cahaya. Jika tempat tidur tidak dekat jendela, beli saja lampu tidur yang sangat terang dan langsung nyalakan begitu alarm bangun pagi sudah berbunyi agar niat untuk segera bangkit berolahraga bisa langsung didapat.

4. Suap dengan sesuatu yang menyenangkan
Dalam birokrasi, suap menyuap adalah kejahatan. Tetapi untuk mengumpulkan niat berolahraga setelah bangun pagi, jangan segan-segan menyuap diri sendiri dengna hal-hal menyenangkan seperti cemilan ringan atau secangkir teh hangat di pagi hari.

5. Fokus ke bagaimana rasanya
Selalu ada bedanya jika pada pagi hari tidak olahraga, dengan setelah olahraga. Ketika mulai malas bergerak, ingat-ingat saja bagaimana bugarnya tubuh ini tiap habis olahraga dan bagaimana lesunya kalau lupa tidak mengawali hari dengan aktivitas fisik.

6. Siapkan segalanya dengan baik
Niat untuk olahraga sering meredup karena kelamaan bersiap-siap. Agar tidak kehilangan momentum, siapkan berbahal hal pada malam sebelumnya seperti pemutar musik, sepatu olahraga, celama yang mau dipakai, botol minum dan lain-lain.

7. Rencanakan dengan baik
Bagin terpenting dari persiapan adalah perencanaan yang baik. Agar tidak buang-buang waktu memikirkan apa yang mau dikerjakan, buat dulu perencanaan misalnya dimulai dengan jogging 15 menit, lalu sepeda statis 10 menit, angkat beban 10 menit.

8. Sesekali lupa tak mengapa
Ketika persiapan sudah matang, rencana juga sudah tersusun dengan baik tetapi pelaksanaanya lupa kadang-kadang bisa membuat patah semangat dan tidak mau lagi membuat rencana olahraga untuk pagi berikutnya. Jangan terjebak pada kondisi ini, sesekali beri kesempatan untuk melakukan kesalahan asal jangan diulangi lagi di hari berikutnya.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/07/09/070032/1960547/766/8-cara-mengumpulkan-niat-untuk-olahraga-tiap-pagi?l1101755hl

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan masukan anda sangat berarti bagi kami ..