Selasa, 08 Maret 2016

Pada tanggal 19 Mei 2015 yang lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan event berkebudayaan yang menampilkan berbagai macam variasi kebudayaan dari nusantara dan negara-negara tetangga se-Asia Tenggara, ASEAN Moeslem Student Summit & Masterpiece 2015. Sebenarnya, acara ini dimaksudkan untuk menghimpun mahasiswa muslim di Asia Tenggara dalam rangka membentuk kerangka kerja bersama untuk mengoptimalisasi peran mahasiswa muslim se-Asia Tenggara. Namun, yang menjadi poin utama pada tulisan kali ini adalah seberapa pentingnya peran mahasiswa/I dari Kalimantan Timur dalam memperkenalkan serta mempromosikan kebudayaan dari daerah kepada dunia, wabil khusus kepada negara-negara Asia Tenggara melalui kegiatan ini.

Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur (AMKT) Mangkaliat bersama dengan keluarga AMKT Ruhui Rahayu dan Kersik Luwai berkolaborasi untuk menyukseskan acara tersebut. Pada acara ini, perwakilan keluarga Kalimantan Timur mengisi stand kebudayaan yang telah disediakan oleh panitia dan mendelegasikan putra-putri daerah sebagai perwakilan fashion show atau pagelaran busana daerah pada saat malam puncaknya.

Harapannya melalui semangat positive-ethnosentrism yang digalakkan keluarga AMKT Mangkaliat, Ruhui Rahayu dan Kersik Luwai bersama dengan kawan-kawan se-daerah lainnya setidaknya kebudayaan daerah tidak kalah pamor dalam menghadapi gempuran globalisasi dalam hal ini masuknya budaya-budaya dari luar. Jayalah Nusantara! Semangat Mangkaliat!


Nenk Dewi dan Bung Vico

Model busana adat Dayak yang diperkenalkan pada malam itu

Para model yang mewakili daerah-daerah se-nusantara

lagi-lagi Bung Vico dan Nenk Dewi mengunjukkan kebolehannya

Apresiasi tertinggi diberikan kepada keluarga kita ini

Semangat untuk mengharumkan nama daerah di Tanah Perantauan

Bung Vico dengan kegagahannya, jangan macam-macam !







1 komentar:

  1. artikel yang sangat keren untuk dibaca.. menarik juga tentunya. terimakasih atas informasinya

    ST3 Telkom

    BalasHapus

Komentar dan masukan anda sangat berarti bagi kami ..