Jumat, 09 Mei 2014

Semua orang pada umunya ingin sekali untuk sehat terus menerus. Tapi kita tidak pernah menerapkan yang namanya pola hidup sehat. Sama seperti orang yang ingin makan tapi tidak mau makan. Tidak ada usaha yang dilakukan kita untuk mendapatkan yang namanya kesehatan, sehingga banyak orang sekarang yang terkena penyakit. Memang setiap manusia nantinya pasti akan merasakan sakit yah tapi setidaknya kita harus mencegahnya agar kita selalu sehat.
Orang yang sehat insya Allah dapat melakukan banyak aktivitas. Karena orang yang sehat itu bisa melakukan hal apa saja, orang yang mau maksiat saja butuh nikmat sehat, coba saja orang pacaran kalau tidak sehat pasti tidak nikmat itu pacarannya.
Kita sebagai mahasiswa yang tinggal di kota orang di tuntut untuk selalu menjaga kesehatan agar kita selalu bisa menjalankan aktifitas kuliah kita dengan baik, karena untuk belajar di butuhkan fisik dan pikiran yang sehat agar semua pelajaran yang diberikan oleh dosen di kampus bisa di serap dengan baik.
Saya akan memberikan beberapa tips pola hidup sehat untuk teman-teman mangkaliaters agar sedikit terbebas daripenyakit :
1.    Sempatkan Waktu untuk Berolahraga Jogging
Jogging adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Olahraga joging tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena kita hanya bermodalkan sepatu untuk jogging. Olahraga yang satu ini juga sangat banyak mafaatnya bagi kesehatan kita. Ini dia manfaat joging bagi tubuh kita :
  1. Membakar Lemak
  2. Memperbesar otot
  3. Mengurangi stres
  4. Menambah kekuatan fisik
  5. Segar sepanjang hari
Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 27/11/2012 07:27 WIB

2.    Merapikan Kamar
Karena kamar tempat kita untuk belajar dan tempat kita untuk beristirahat. Saya sangat mewajibkan bagi diri saya untuk selalu merapikan kamar, jika kamar kita bersih pastilah kita bisa sedikit mencegah untuk masuknya penyakit melalui kamar kita. Kamar yang bersih juga mempunyai pengaruh yang baik buat pikiran kita pada saat kita tidur dalam keadaan kamar yang bersih pastilah tidur kita nyenyak dan bisa bangun dalam keadaan yang lebih segar.

3.    Bangun dipagi hari
Bila bisa bangun pagi hari kenepa harus bangun siang ? Bangun pagi hari sangatlah baik bagi tubuh kita. Orang yang bangun dipagi hari juga mempunyai banyak peluang untuk mengerjakan sesuatu hal terlebih dahulu dan menjemput rezeki terlebih dahulu. Dalam konferensi British Psychological Society, Huber menjelaskan alasan mengapa yang rutin bangun pagi lebih beruntung dan punya kualitas hidup lebih baik. Hal itu merujuk pada fakta bahwa melakukan tugas-tugas rutin di pagi hari dan mengurus anak di saat yang tepat justru membantu membuat tubuh menjadi lebih bugar di tengah ketatnya kehidupan modern. "Mungkin tipe orang yang rutin bangun pagi lebih cocok untuk dunia industri seperti saat ini, dibandingkan dengan mereka yang bangun kesiangan,"

4.    Jangan Merokok
Rokok adalah salah satu benda paling tidak sehat untuk tubuh. Produk tembakau ini telah dikaitkan dengan berbagai penyakit mematikan, seperti kanker, masalah jantung dan pernapasan. Bukan berarti para perokok tidak tau akan bahayanya merokok, mereka sudah tau tapi sulit untuk berhenti merokok. Saya akan memberi tahu kepada teman-teman mangkaliaters yang akan berhenti merokok akan mendapatkan efek yang seperti di bawah ini :

1.    20 menit setelah stop merokok
Denyut jantung dan penurunan tekanan darah. (Effect of smoking on arterial stiffness and pulse pressure amplification, Mahmud A, Feely J. Hypertension.2003:41:183)
2.    12 Jam setelah berhenti merokok
Tingkat karbon monoksida dalam darah turun menjadi normal. (US Surgeon General’s Report, 1988, p. 202)
3.    2 minggu – 3 minggu setelah berhenti merokok
Sirkulasi meningkat dan fungsi paru-paru Anda meningkat. (US Surgeon General Report, 1990, pp.193, 194.196, 285, 323)
4.    1 – 9 bulan setelah berhenti merokok
Batuk dan sesak napas menurun, silia (rambut halus yang menggerakkan lendir dari paru-paru) mulai kembali ke fungsi normal di paru-paru, meningkatkan kemampuan untuk menangani lendir, membersihkan paru-paru, dan mengurangi risiko infeksi. (US Surgeon General Report, 1990, hlm 285-287, 304)
5.    1 tahun setelah stop merokok
Risiko penyakit jantung koroner menurun, menjadi setengah dari orang yang masih merokok. (US Surgeon General Report 2010, p. 359)
6.    5 tahun setelah stop merokok
Risiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, serviks dan kandung kemih berkurang menjadi setengahnya. Risiko stroke berkurang setelah 2-5 tahun. (A Report of the Surgeon General: How Tobacco Smoke Causes Disease – The Biology and Behavioral Basis for Smoking-Attributable Disease Fact Sheet, 2010; and Tobacco Control: Reversal of Risk After Quitting Smoking.IARC Handbooks of Cancer Prevention, Vol. 11. 2007, p 341)
7.    10 tahun setelah stop merokok
Risiko kematian akibat kanker paru-paru berkurang sekitar setengah dari orang yang masih merokok. Risiko kanker laring (kotak suara) dan pankreas juga menurun.
(A Report of the Surgeon General: How Tobacco Smoke Causes Disease – The Biology and Behavioral Basis for Smoking-Attributable Disease Fact Sheet, 2010; and US Surgeon General’s Report, 1990, pp. vi, 155, 165)
8.    15 Tahun setelah stop merokok
Risiko penyakit jantung koroner berkurang dan setara dengan non-perokok. (Tobacco Control: Reversal of Risk After Quitting Smoking. IARC Handbooks of Cancer Prevention, Vol. 11. 2007. p 11)
Masih banyak lagi contoh pola hidup sehat di kehidupan kita. Kita sebagai mahasiswa yang cerdas sudah harus bisa memilah-milah yang mana yang harus kita ikuti dan tidak kita ikuti.
Apakah tingkah laku kita di asrama sudah di kategorikan pola hidup sehat ? kita bisa intropeksi diri masing-masing.
Demikian artikel Pola hidup sehat dari saya semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman mangkaliaters sekalian. 

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 03/02/2014 10:08 WIB

Di susun oleh Ilham Prasetyo Mulyadi
 

2 komentar:

  1. Bang Ilham, You're the best. Regard from us. pascasarjana kaltim

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bermanfaat nih bro Ilham.
    Saya pernah mepresentasikan materi safety riding di AMKT Mangkaliat dan sengaja menginap satu malam di asrama biar bisa lebih dekat dengan teman-teman mahasiswa asal Kaltim dan mengenang kembali masa kost dan kuliah di Yogya dulu. Sayang sekali kondisi kamar tidur kurang tertata dan kurang bersih. Tapi tetap aja buat saya merupakan pengalaman yang luar biasa bisa bersama teman-teman mahasiswa di asrama ini.
    One day saya akan ke asrama ini lagi, mungkin saya akan memberikan materi pelatihan untuk First Aid for Motorcyclist, mengingat para Mangkaliaters mayoritas mengendarai sepeda motor.

    Salam safety dan sukses selalu buat semuanya.

    BalasHapus

Komentar dan masukan anda sangat berarti bagi kami ..